eRepublikNews - eRepublik International News

Latest News

Hari ke 92

Pandangan Presiden RI, Norwegia, Iran thd NAP, Klarifikasi dari Patton, Rudal Balistic Pakistan, kabar dari swedia, Intrik di Norwegia, program militer USA, dan beberapa berita lainnya di dunia
Catatan Redaksi
Seiring dengan memanasnya peta politik dunia, untuk hari ini banyak sekali berita yg di dapat sehingga redaksi kesulitan untuk merangkumnya, ketika berita ini di buat, redaksi telah menghabiskan lebih dari 10 jam menghimpun berita (asli bukan bohongan) dan hampir 3 jam menyarikannya menjadi sebuah berita yang bisa di baca KHUSUS UNTUK ANDA.
Tidak di pungkiri perlu usaha dan energi untuk mendapatkan berita dari nara sumber, bahkan DDB harus memberikan beberapa gift untuk melunturkan kekerasan hati nara sumber. Di sisi lain, beberapa nara sumber menginginkan link dari DDB jika telah di publish, padahal DDB di buat dalam bahasa Indonesia. DDB meminta publik atau kementrian penerangan bagaimana menyikapi hal ini, DDB khawatir bila telah keluar versi bhs Inggris mereka tidak mau lagi berkomentar secara jujur karena pihak lawan akan mengetahui, bagaimana menurut anda?
Juga DDB mengalami kesulitan dalam mengatasi mailbox dari EI, kapasitasnya sedikit sehingga DDB mendapatkan warning hanya untuk kegiatan jurnalistik sehari ini saja.
Demikian sedikit kata dari meja redaksi, server telah di perbaiki kembali dari kerusakan yang telah terjadi, jika memang DDB bermanfaat untuk anda mohon untuk subscribe DDB.
Selamat menikmati.
(11.27 PM GMT +7)

Pandangan Dunia Terhadap NAP EI dan EPAK
(Jakarta)Seperti yang di wartakan oleh DDB beberapa hari yang lalu www.erepublik.com/article-87191.html, Dio-Presiden Pakistan merespond positif dari ditanda tanganinya Perjanjian ini dengan Indonesia, bagaimana pemerintah indonesia menanggapi respond tersebut?
Beruntung DDB mendapatkan sambutan yang hangat dari om_mudakir - Presiden RI kita, berikut di bawah ini wawancara kami dengan beliau.

DDB:Jika anda melihat komentar dari rakyat Pakistan dan harapan dari Dio, apa komentar anda mengenai ini?
RI1:NAP ini, seperti yang saya inginkan, mengurangi "calon" musuh kita. Saya berharap adanya NAP ini dapat mmbantu negara kita untuk lebih bisa mencermati perkembangan dunia setelah war module diaktifkan
DDB:Apakah NAP ini benar-benar bisa menguntungkan kita?
RI1: Saya harap iya
DDB: Bagaimana anda bisa percaya terhadap Pakistan?
RI1: Pakistanlah yang pertama kali membuat negara yang terorganisir, bulan desember lalu. Pendirian partai sayapun memiliki inspirasi yang sama spt Pakistan, utk membentuk negara yang terorganisisr dan efisien. Tapi tentunya, saya lebih percaya negara saya sendiri
DDB:Apakah kita berencana membuka kedubes di sana?
RI1:Jika dirasa perlu
DDB:Jika Dio menganggap Swedia kemudian spanyol sebagai ancaman dunia, bagaimana menurut anda?
RI1:Saya tidak perduli, itu hak Dio untuk menyatakan hostilitas kepada negara lain
DDB: Adakah pesan yang ingin di sampaikan kepada rakyat EI mengenai NAP ini?
RI1: Sering2 lihat ke forum, dan cek apakah ada upaya dari mrk untuk membackstab kita. Selalu ingat, bahwa di Erepublik, tujuan kita ada adalah semata2 untuk membangun negara. Kalo saking hebatnya kita, EI bisa muncul di berita real world kan seru..

Demikianlah tanggapan dari om_mudakir mengenai issue ini, dari wawancara ini bisa ketahui kebijakan luar negeri dari pemerintah Indonesia adalah semata-mata demi kejayaan bang EI sendiri, bukan untuk orang lain, belum di ketahui dengan jelas bagaimana rakyat Indonesia sendiri menyikapinya.
Di sisi lain Presiden dari Norwegia - Kim - Menganggap biasa saja NAP ini, "Menurut saya, itu adalah bagus bahwa Indonesia dan Pakistan menjadi sahabat. Aliansi Utara hanya akan melayani sesuai dengan tujuannya, untuk melindungi negara dan semua yang menjadi anggotanya". Demikian menurut Kim. Aliansi utara mempunyai perjanjian yang sepertinya lebih menyeluruh di banding Perjanjian Tidak Saling menyerang biasa, mereka juga melindungi dan membalas semua ancaman terhadap salah satu dari anggota mereka.

Pandangan Swedia terhadap Indonesia
Ketika DDB mencoba mengkonfirmasi hal ini ke Carradine - Presiden Swedia - beliau tidak memberikan komentar apa-apa. Hanya dari rakyat swedia sendiri DDB bisa mengetahui bahwsanya Swedia memang negara yang solid, "saya kira, kami adalah negara paling kuat di dunia ini. (Tapi) kita tidak mempunyai itikad untuk mengambil alih dunia. Saya pikir kita tidak akan bisa melawan seluruh dunia, jika mimin melaksanakan "fight for freedom" di masa depan, saya pikir itu akan menjadi susah." Demikian kata Johan Ek salah satu rakyat swedia yang bersedia meluangkan waktunya untuk DDB. Dia menilai bahwa Carradine melakukan pekerjaan yang sangat hebat.
Menurut mereka warga swedia, Indonesia adalah bangsa yang ramah, tapi mereka menyatakan keheranannya dengan NAP yang di jalin dengan Pakistan. "Aku tidak tahu tentang NAP Indonesia dan Pakistan soalnya kupikir Indonesia akan mudah sekali menguasai Pakistan". Jadi demikianlah laporan kami dari Swedia, negara penuh rahasia dan kaku.

Dari Tehran, perhatian rakyat Iran terbagi dua, sebagian menanggapinya dengan skeptis, sebagian ingin bergabung dengan NAP ini, sebagian lagi membenci kita. Presiden Iran - koroush - bahkan dengan terang-terangan menyatakan bahwa Indonesia itu serakah, dan Pakistan adalah barat yang bukan muslim, dia lebih ingin bergabung dengan Turki untuk membantu (www.erepublik.com/article-85252.html). Bagaimana keadaan peta dunia 30 hari kedepan? Sepertinya akan semakin menarik.

Intrik di dalam Negara Norwegia
(Oslo)Pagi hari di jalanan koto oslo begitu menggigil, DDB berjalan sampai akhirnya menemui kerumunan orang di suatu chanel irc kota oslo. Begitu DDB menyapa tidak ada jawaban dari mereka, sepertinya DDB terlihat asing dan mencolok, dan mereka keberatan untuk menjawab sapaan dari DDB. Tapi beruntung DDB karena seorang warga oslo dengan ramah menyambut DDB untuk bertegur sapa. Ternyata Farconin - warga oslo yang DDB temui adalah pimpinan partai terbesar di Norwegia, dan dia adalah opposan dari Kim-Presiden Norwegia. "Saya tidak menyukai beberapa kebijakan dari dia, tapi tunggulah saatnya, saya akan senang hati untuk menemani anda berbicara nanti setelah pemilihan umum". Demikian katanya, DDB berusaha mengorek lebih dalam penyebab ketidak sukaan ini sayangnya dia no comment. Begitu juga mengenai arah politik luar negeri Norway dan kebijakan luar negeri Presidennya, dia menutup rapat informasi ini. Dari sini DDB bisa melihat meskipun ada perbedaan pandangan, Farconin tetap menjaga rahasia negara. Begitu pula ketika di tanya masalah ancaman Kim terhadap negara Swedia. Berikut detail percakapan kami dengan beliau.

D: Bagaimana anda menggambarkan presiden anda?
F:Hm.. Saya pikir saya tidak setuju dengan arah politic dia, saya pikir dia tidak pantas untuk menjadi presiden
D:Bisakah anda menerangkannya kenapa?
F: Hahah itu mengenai banyak hal, saya tidak mau menerangkannya lebih detail sebelum pemilu. Tapi, bisakah anda menerangkan artikel tentang norway di koran anda? *DDB tidak mengetahui dari mana dia bisa tahu DDB menceritakan tentang Norwegia*
D:Wah, itu susah untuk di terangkan!
F:Tidak apa-apa, hanya garis besarnya saja tentang swedia dan Norwegia.
D: Oke, berita itu tentang ancaman presiden Norwegia terhada Swedia yang ternyata di klarifikasi oleh Kim bahwa itu tidak benar.
F: Aye! memang telah terjadi campur aduk...
D: Jadi apakah cerita sebenarnya di balik itu?
F: Tidak usah khawatir, belum ada apa-apa kok temanku, tidak ada kisah lain di belakang ancaman itu, tapi di sini sudah semakin pagi *jam 4 pagi GMT*, waktu untuk tidur kawan.
D:Oh sorry, boleh sedikit lagi minta waktunya? Bagaimana menurut anda tentang Indonesia?
F: Kita melihat Indonesia sebagai kawan jauh kita ;) *mata ngedip sebelah*, tanggal 2 maret kawan, mungkin setelah tanggal 2 maret(pemilu red.) saya akan lebih oke lagi untuk di wawancarai.
D: Oke, apakah anda ingin anonymous dengan informasi ini? atau ingin di sebutkan ?
F: Oh gak apa-apa pake nama saya, cuman patikan bahwa ini bukan pendapat negara saya, tapi semata-mata pendapat pribadi saya.
D: Ok pak, terima kasih atas waktunya, saya tidak akan lupa untuk mengirimkan link berita ini kepada anda. Selamat beristirahat.
F: Ok, kita bicara lagi nanti, cya!

Pertemuan itu telah berakhir, cafe itu telah sepi, dan DDB kembali berjalan menyususi jalan oslo yang sepi di pagi hari.
Keesokannya DDB tanpa membuang waktu berusaha mencari informasi dari Kim, berbagai cara DDB coba untuk menerobos birokrasi Norway yang cukup ketat, sampai akhirnya DDB bisa bertemu dan bertatap muka dengan Kim. Berikut komentar kim atas ketidak puasan Farconin.

"Farconin merasa pajak itu tidak penting, Dia pikir pajak hanya memberikan kontribusi yang sedikit untuk pertumbuhan ekonomi. Tapi kenyataannya adalah pajak tidak merampok rakyat, soalnya populasi rakyat akan kembali tumbuh
setelah kita selesai dengan pajak ini. Kita hanya membeli gold dari mereka dari market Norwegia. Kita (bahkan)belum menaikan pajak secara drastis, hanya sampai kepada level dimana kita mengambil 0.18 dari gaji pegawai jika dia mendapatkan 3 NOK/hari, 0.46 jika dia memiliki pemasukan 6NOK/hari dimana hal itu harga yang pantas untuk menjaga negara dalam keadaan aman ketika perang datang. Farconin berani beresiko dengan menganggap bahwa module perang tidak akan menghabiskan uang apa-apa. Jadi dia pikir kita harus tetap menurunkan pajak. yah kita lihat saja nanti apa yang terjadi di bulan Maret."

Demikian yang di sampaikan oleh beliau, ketika DDB mencoba mendapatkan pandangan dia mengenai politik luar, beliau meminta pertemuan di alihkan ke tempat lain. Akhirnya DDB mencoba untuk kembali menyusuri jalur informasi untuk bisa kembali bertemu dengan sang Presiden. Sepertinya suhu politik norwegia cukup tinggi jauh menjelang pemilu, ini terlihat dengan penjagaan yang cukup ketat dari kementrian informasi Norwegia. Kim mensyaratkan DDB untuk menanggalkan semua system keaamanan yang DDb miliki untuk mengaccess system mereka. Akhirnya DDB berani beresiko dan berhasil untuk menemui beliau. Berikut wawancara kami yang kedua:

D:Bagaimana dengan pendapat anda terhadap kasus Daging Swedia di India? (www.erepublik.com/article-82652.html) *di beritakan daging sapi swedia merambah India*
K:Wah, itu berita yang menggelikan, tapi sebagai catatan serious, Swedia telah membuat daging pembunuh untuk mereka!
D:Bagaimana pandangan anda tentang NAP EI dan EPAK begitu juga dengan Aliansi Utara dengan di hubungkan dengan negara anda?
K:Saya pikir itu bagus Indonesia dan Pakistan adalah kawan. Aliansi Utara hanya melayani sesuai dengan fungsinya...(baca berita di atas).
D: Bagaimana pandangan anda terhadap rakyat anda? Beberapa cinta terhadap anda loh
K: Itu sungguh baik!, sebenernya banyak perasaan campur aduk mengenai pemerintahan saya, tapi itu datang dari partai oposisi.
D: Apa menurut anda tentang Indonesia?
K: Sepertinya di jalankan dengan baik, saya tidak melihat ada drama di sana :)
D: Apakah ancaman paling besar bagi swedia?
K: No comment
D: bagaimana anda menggambarkan kepemimpinan anda?
K: Saya mencoba untuk menjawab media dan presiden-presiden yang menghubungi saya. Saya tidak ingin terburu-buru dengan banyak aliansi, tapi menjalin hubungan yang baik dengan seluruh dunia saya pikir itu penting.

Demikian percakapan singkat kami dengan beliau, karena dengan cepat DDB kembali kehilangan dia. Pada saat itulah bencana itu terjadi. (www.erepublik.com/article-88182.html)

Klarifikasi Presiden Irlandia - Tidak Mengundurkan diri
(Dublin)DDB mendapatkan rumor dari dalam negeri bahwa Patton mengundurkan diri, karena menariknya berita itu, DDB akhirnya mengirimkan tim investigasinya ke Dublin. Beruntunglah DDB ternyata nuansa perang dingin di Irlandia tidak sedingin di negara lain. Berikut klarifikasi dari beliau mengenai rumor ini:
"Saya mengundurkan diri dari partai saya yang lama Ireland First dan membuat partai baru Fianna Fail. Saya tidak ada keinginan untuk mengundurkan diri dari jabatan presiden. Saya waktu itu di paksa untuk meninggalkan partai sebab sebuah grup forum datang ke Irlandia baru-baru saja dan mengajak saya untuk berkompetisi di dalam partai. Michael Collins membuat poll di dalam partai (tentang masalah ekonomi). Politik ekonomi Collins saya pikir akan menghancurkan ekonomi irlandia, setelah saya menyuarakan ketidak setujuan saya, saya meninggalkan partai saya dan membuat partai baru. Saya harap itu bisa menjawab pertanyaan anda. Saya ingin sekali melihat artikel anda, bisakah anda menunjukan kepada saya ketika berita ini telah di pulish?"
DDB menjawab dengan suka hati tentu saja! Tapi bahasa indonesia.. lol
Sepertinya Irlandia pun tidak lebih jauh dengan Norwegia, permasalah dalam negeri mereka cukup pelik.

Iran Memanas
(Teheran)Di wartakan dari Tehran persaingan antara partai pemerintah - Pasargad - dan oposisinya - NIGS - telah memasuki kesekian hari. Laporan dari harian lokal bahwa pertumbuhan Iran 10% dari total populasi dunia dalam waktu seminggu cukup meragukan. DDB mencoba untuk menelisik asal laporan itu hanya sayang karena rusaknya data server, berita ini hilang.
Corong pendukung pemerintah
mengomentari hal ini bisa baik atau buruk, beberapa negara bisa takut dan memusuhi kita, tapi mereka yakin bahwa koroush bisa menghandlenya.
Di sisi lain, Koran anti pemerintah mengkritik presiden mereka, mereka tetap menyangka bahwa presiden telah melakukan kloning (lihat berita rumor ada hacker www.erepublik.com/article-84662.html). "Bagaimana mungkin seorang warga yang baru saja register langsung jadi anggota partai, langsung jadi karyawan perusahaan koroush, langsung bisa komentar seperti mengenal langsung sang presiden? Tidak mungkin itu semua di lakukan seorang yang baru lahir di lakukan dalam satu hari!", Demikian laporan salah satu berita. Sepertinya Iran di ambang perang saudara.

Pakistan Meluncurkan Rudal Anti Swedia yang Pertama
(Islamabad)Di beritakan dari Pakistan, para saintis dari negara ini telah meluncurkan prototype dari rudal antar balistik khsusus di tujukan untuk para penggemar ikan dari Swedia, berikut pernyataan dari Droppa Fishbama sebagai kepala departemen riset, "Terima kasih kepada para dermawan yang telah menyumbangkan anak kecil tak berdosa, dukungan dari industry Kebab dan komunitas Scarab, bomb ikan penghancur Swedia yang pertama telah di luncurkan dan di beri nama Dio the Destroyer.
Prototype dari rudal mereka bisa di lihat di: img.photobucket.com/albums/v623/Ryo_altair/fishbombcopy.jpg

Kekhawatiran dari India
(New Delhi)Hari ini public India sedang di hadapkan pada kekhawatiran di mana perekonomian India yang sekarang ini dalam keadaan baik di takutkan tidak berlangsung lama. Rumor telah beredar di sana bahwa ketua partai Bombay Tea sedang mencari dukungan dari Rootas, seorang tokoh ternama dan pemilik beberapa korporat besar di India. Sehingga kosentrasi kepada ekonomi India akan teralihkan karena ajang pemilihan umum yang sebentar lagi akan di adakan. Sedangkan di sisi lain adanya ancaman dari Pakistan di perbatasan India.
Di sisi lain, makanan murah meriah dari Swedia telah tiba di pasar India, pemerintah setempat menganjurkan rakyat India untuk membeli makanan lokal dan beberapa media lokal mengkritik produk itu di mana sapi-yang menjadi hewan suci di India-adalah bahan baku dari produk yang di pasarkan di India. Di sisi lain Kim presiden Norway mengatakan bahwa daging-daging itu adalah mematikan!
Pada kesempatan yang lain, DDB berhasil mendapatkan reaksi yang cukup keras dari salah satu pemimpin partai di swedia, "Makanan adalah makanan, dan di erep itu hanya nama dari perusahaan, tidak ada effek dari perbedaan brands. Jika seseorang tidak ingin membelinya karena alasan politik, agama atau sosial itu gak masalah untuk ku. Tapi jika seseorang memaksakan kepercayaan atau pemikiran mereka kepada orang lain! Itu yang gue gak suka!", demikian menurut sumber yang kami rahasiakan identitasnya. Belum di ketahui lebih jauh bagaimana sikap parlement Swedia terhadap hal ini.
Perang ekonomi dan propaganda sepertinya telah di mulai.

eUSA Meluncurkan Medical Defense Program
(Washington)Untuk menghadapi perang yang akan datang, eusa meluncurkan program Medical Defense program, beberapa point di antaranya adalah Pemberian gift berikut tata cara mendapatkannya, anggota harus aktif di DoD(Department of Deffend), harus bisa ikut training minimal 4x seminggu. Gift kualitas 3 akan di berikan kepada mereka yang punya wellnes 60, Q2 untuk 60-70, dan Q1 untuk 70-75.Jika mereka yang di atas 75 ingin ikut, harus membayar kepada DoD untuk di sumbangkan kepada negara. Yang lebih unik, mereka mempunyai Emergency Medical Care, dimana setiap prajurit di bawah level wellness 60 wajib untuk melapor langsung ke kementrian untuk mendapatkan perawatan secepatnya. DDB tidak bisa mendapatkan link ke berita ini di karenakan ikut hilang ketika serangan datang ke server DDB.

Korbin King Mengundurkan Diri

(Washington) Di beritakan dari washington, ketua partai Demokrat (DEP) yang merupakan partai terbesar di eusa mengundurkan diri dari pemilihan presiden juga sebagai ketua partai dan memilih bersantai ke hawai. Dia akan melaksanakan tugas-tugas dari ketua partai sampai ketua partai yang beru terpilih. Tapi dia tidak akan berlama-lama bersantai di hawaii karena suatu saat akan kembali untuk melihat kelanjutan dari program Two Birds. Belum di ketahui dengan pasti apakah program tersebut.

eAustralia Memiliki Rumah Sakit yang Pertama
(Canberra)Rumah sakit yang pertama Australia Austria telah diproduksi oleh MBF sebesar $3,300, itu adalah jumlah yang cukup besar untuk suatu pembangunan di eOz.
Azlan Hawthorne, walikota dari Canberra, dengan cepat bergerak membeli rumah sakit untuk daerah nya. Canberra kini bangga memiliki rumah sakit. Semua (rakyat) Oz akan merasakan manfaatnya.
Azlan dikutip "hanya bisa menyukainya(rumah sakit red.), mengacu pada cara menyampaikan pendapatnya yang spontan. Sikapnya sebagai prajurit berkuda menolong dia menjadi gubernur terpilih Canberra, jadi tidak kaget kalo dia menunjukkan sikap kasual seperti itu.
Setidak-tidaknya The Tribune menghormati Azlan karena langkahnya yang pertama dalam membuat Oz sebagai tempat yang lebih sehat untuk di tinggali.

======================
(c) Copyright 2008 by Dunia Dalam Berita
Subscribe supaya kami termotivasi

Copyright© 2008 - 2011 by eRNews - eRepublik International News

Top Desktop version